Masalah Blue Screen di OS Windows

Salah satu yang menjadi kendala dan hal yang menghatui pengguna OS Window adalah blue screen.

Sistem yang berubah menjadi tidak berfungsi total.

Sebagai penambah wawasan Anda , Simak penjelasan serta sedikt penanganan jika OS pada perangkat Anda mengalami hal seperti ini.

Blue Screen atau layar Biru Pada OS Windows

Kesalahan layar biru, yang dikenal sebagai Blue Screen of Death (BSoD), adalah kesalahan Windows yang paling terkenal dari semuanya. Mereka terjadi ketika Windows mengalami masalah yang tidak dapat diperbaiki dan hanya dimatikan untuk menghindari kerusakan.

Setelah diisi dengan data teknis yang kebanyakan orang tidak dapat menguraikannya, Microsoft telah mengubah layar biru menjadi bentuk yang lebih sederhana untuk Windows 8 dan di atasnya. Sekarang berisi wajah cemberut, dasar PC Anda mengalami pesan masalah, dan kode kesalahan.

Layar biru dapat memiliki banyak penyebab sehingga tidak mungkin untuk menganalisis semuanya. Penting untuk dicatat bahwa satu layar biru terisolasi bukanlah masalah besar. Terkadang Windows mengalami masalah aneh dan menabrak layar biru, lalu tidak pernah memiliki masalah yang sama lagi selama berbulan-bulan. Anda hanya perlu khawatir dengan kesalahan layar biru jika itu berulang.

Kode Layar Biru Umum Atau Bluescreen
Jika Anda memiliki masalah besar dengan layar biru, ada beberapa kode yang muncul lebih sering daripada yang lain yang harus Anda waspadai. Jika kode kesalahan spesifik Anda tidak cocok dengan salah satu dari ini, pencarian Google akan memunculkan lebih banyak informasi. Anda dapat menggunakan alat BlueScreenView untuk mendapatkan ringkasan informasi yang dibuang Windows saat macet jika Anda melewatkannya untuk pertama kali. String Pemeriksaan Bug adalah kode kesalahan yang relevan.

DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL — Biasanya disebabkan oleh driver yang buruk. Periksa pembaruan driver, terutama untuk perangkat keras yang baru saja Anda instal.


PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA — Ini biasanya terjadi setiap kali Anda menambahkan perangkat keras baru ke sistem Anda. Tinjau perangkat keras yang baru saja Anda instal dan pertimbangkan untuk menginstal ulang drivernya. Penyebab lain dari kesalahan ini termasuk RAM yang rusak, layanan sistem yang salah, dan cegukan antivirus.


NTFS_FILE_SYSTEM — Jika Anda melihat kesalahan ini, hard drive Anda yang harus disalahkan. Periksa kabel yang terhubung ke drive Anda untuk memastikannya tidak longgar. Jalankan perintah Check Disk dengan cara klik kanan pada Tombol Start dan pilih Command Prompt (Admin), lalu ketik chkdsk /r /f. Anda harus mem-boot ulang sistem agar pemindaian dapat berjalan saat startup. Pastikan Anda mencadangkan data Anda jika melihat ini, karena hard drive Anda mungkin sedang dalam perjalanan!

kesalahan layar biru windows


DATA_BUS_ERROR — Kesalahan ini biasanya disebabkan oleh RAM. Periksa untuk memastikan RAM di sistem Anda kompatibel dengan motherboard Anda dan tidak rusak.


MACHINE_CHECK_EXCEPTION — Kesalahan yang sering kali disebabkan oleh CPU atau catu daya yang rusak.


INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE — Terjadi saat Windows tidak dapat membaca perangkat keras tempat sistem Anda melakukan booting. Itu bisa berakar pada driver yang buruk, hard drive yang sekarat, atau virus boot sector.


HAL_INITIALIZATION_FAILED — Disebabkan oleh masalah perangkat keras atau driver umum.


WHEA_UNCORRECTABLE_ERROR – Kesalahan menyeluruh untuk perangkat keras yang rusak, masalah kompatibilitas driver, file sistem atau registri yang rusak, atau masalah panas dan tegangan.


SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION — Kesalahan ini dapat menunjukkan apa saja mulai dari masalah antarmuka pengguna grafis hingga driver yang kedaluwarsa atau rusak.

Leave a Comment

Your email address will not be published.